YEA (Young Entrepeneur Award) 2008

HOLIDAY CAMPING FOR CHILDREN

Deskripsi Umum Usaha

Liburan merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang, terutama anak-anak. Hal tersebut dikarenakan pada saat liburan kita dapat terbebas dari segala tugas yang harus dikerjakan. Selain itu, pada saat liburan, umumnya kegiatan-kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan yang menyenangkan.

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan orang untuk mengisi liburannya. Ada yang berekreasi ke tempat-tempat wisata yang ada di dalam negeri sampai luar negeri, ada yang menghabiskan waktu liburan dengan berbelanja, dan ada pula yang hanya di rumah saja mengisi liburan dengan istirahat. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Masa liburan sekolah merupakan masa yang paling menyenangkan bagi anak-anak. Pada masa liburan mereka terbebas dari kegiatan belajar dari rutinitas sekolah yang seringkali melelahkan, dan cenderung membosankan bagi anak-anak. Layaknya orang dewasa, anak-anak mengisi liburan dengan beragam kegiatan, ada yang liburan di rumah nenek di kampung dan ada pula yang hanya menghabiskan waktu liburan di rumah saja, misalkan dengan bermain Play Station (PS) sepuasnya. Menghabiskan waktu liburan di rumah dengan bermain PS sepuasnya kurang baik bagi anak-anak karena bisa membuat mereka kehilangan semangat belajar pada saat kembali ke sekolah lagi. Selain bermain play station, anak yang tidak memiliki kegiatan untuk mengisi liburannya umumnya mereka akan berjalan-jalan ke mall walaupun hanya sekedar ”cuci mata”. Berjalan-jalan ke mall walaupun hanya sekedar ”cuci mata” dapat menumbuhkan karakter yang kurang baik bagi anak, yaitu anak akan memiliki sifat konsumtif yang berakibat anak dapat melakukan segala cara untuk memenuhi keinginannya. Ironisnya, orang tua tidak mempunyai pilihan lain untuk mengisi liburan anak, terutama orang tua di perkotaan karena sebagian besar dari mereka tidak dapat menemani anak berlibur disebabkan oleh tuntutan pekerjaan dan minimnya cuti yang dimiliki untuk bisa berlibur saat anak libur sekolah. Oleh sebab itu, perlu adanya suatu program liburan yang dikhususkan untuk mengisi liburan anak-anak.

Masa kanak-kanak merupakan masa dimana anak-anak bereksplorasi. Rasa keingintahuan anak-anak sangat besar pada sesuatu hal baru, disamping itu, anak-anak juga menyukai hal-hal yang bersifat petualangan. Pada saat liburan tiba, kegemaran anak berpetualang dan rasa curiosity mereka harus difasilitasi oleh orang tua agar anak-anak masih dapat melakukan kegiatan yang bersifat pembelajaran, walaupun dalam keadaan masa liburan. Namun, seringkali orang tua tidak memiliki waktu untuk memfasilitasi liburan anak, karena sebagian besar orang tua (terutama di perkotaan) bekerja. Kondisi tersebut bisa menjadi suatu peluang usaha. Usaha yang dapat dikembangkan adalah Holiday Camping for Children.

Bisnis Holiday Camping for Children perlu dikembangkan untuk memfasilitasi liburan anak-anak, terutama anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan. Target bisnis Holiday Camping for Children adalah anak-anak di daerah perkotaan karena anak-anak tersebut umumnya tertarik pada kegiatan yang ”back to nature” dan yang bersifat petualangan. Sasaran dari bisnis Holiday Camping for Children adalah untuk anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dari kelas satu sampai enam yang berasal dari kalangan menengah keatas. Sasaran bisnis ini untuk anak SD karena pada usia SD anak masih pada tahap eksplorasi dan memiliki curiosity yang besar, dan menyenangi hal-hal yang bersifat survival dan adventure, selain itu anak SD sebagian besar telah mampu untuk hidup mandiri. Sasaran bisnis Holiday Camping for Children adalah kalangan menengah keatas karena biaya yang dibebankan pada satu konsumen pasti tidak sedikit, hal tersebut karena biaya hidup anak selama camping dan juga kegiatan-kegiatan yang dilakukan dibebankan pada konsumen.

Holiday Camping for Children dilaksanakan di areal atau bumi perkemahan yang ada di kaki gunung. Tempat Holiday Camping for Children dipilih di kaki gunung supaya anak-anak bisa refreshing mendapatkan udara segar yang jarang ditemukan di perkotaan dan supaya bisa lebih menyatu dengan alam namun akses terhadap air dan fasilitas pendukung kebutuhan sehari-hari mudah didapatkan (mengingat sasaran bisnis adalah anak-anak SD). Selain itu supaya anak-anak benar-benar merasakan “camping”.

Kegiatan yang dilakukan pada Holiday Camping for Children antara lain outbond, pengenalan lingkungan, life activities, dan malam keakraban. Beragam kegiatan yang dilakukan pada outbond ditujukan untuk mengembangkan skill dan kepercayaan diri anak-anak, melatih kompetensi fisik dan psikologis anak supaya sehat jasmani dan rohani. Pengenalan lingkungan ditujukan supaya anak-anak lebih aware terhadap lingkungan dan memiliki kesadaran sejak usia dini untuk menjaga lingkungan dan diharapkan pada saat kembali ke kota mereka dapat menularkan pengalaman dan pengetahuan yang di dapat pada saat camping tentang pentingnya menjaga lingkungan pada teman-temannya. Life activities diisi dengan fun cooking dan wawancara dengan penduduk setempat. Hal tersebut dimaksudkan untuk menambah skill anak, membangun kepercayaan diri anak, dan menumbuhkan rasa empati pada anak. Malam keakraban dilakukan dengan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya membuat api unggun, menampilkan kreativitas kelompok dan kemampuan atau keahlian pribadi. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menumbuhkan kekompakan pada anak-anak, meningkatkan kreativitas anak, dan menumbuhkan rasa kebersamaan pada anak.

Holiday Camping for Children pada saat liburan dibutuhkan untuk mengisi liburan anak-anak dengan kegiatan yang positif dan juga membantu orang tua dalam menyiapkan liburan untuk anak-anaknya. Diharapkan nantinya sasaran Holiday Camping for Children tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak SD, namun juga anak-anak usia TK, SMP dan SMA.

Rencana bisnis ini disusun oleh “EXCELSIOR” Company, sebuah badan usaha yang bergerak di bidang jasa. Jasa yang ditawarkan adalah untuk memfasilitasi liburan anak. Excelsior Company memilih jasa di bidang ini karena saat ini masih belum terlalu banyak jasa yang bergerak untuk memfasilitasi liburan anak dengan kegiatan yang menyenangkan sekaligus bersifat edukatif. Oleh sebab itu peluang untuk bergerak di bidang ini cukup besar

Jasa unggulan yang Excelsior Company tawarkan adalah Holiday Camping for Children. Disamping itu, ada beberapa jasa lain yang menjadi pendukung usaha Excelsior Company yaitu Weekend Camping for Children dan Family Camping.

Excelsior Company memutuskan untuk bergerak di bidang jasa pengisi liburan anak karena usaha ini tidak memerlukan modal yang begitu besar, mudah mengelolanya, dapat memenuhi kebutuhan konsumen (orang tua) untuk mengisi liburan yang menyenangkan sekaligus mendidik bagi anak-anaknya sehingga usaha ini menjanjikan keuntungan yang cukup besar di masa yang akan datang.

1 Komentar

  1. ck..ck..ck bagus banget ya ide bisnis ya….
    Ga tertarik diikutkan PKMK?

    salam kenal ya…
    agoes, mahasiswa FF unair

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: