Golden Generation

berawal ketika saya mengikuti kuliah Pengantar Ekologi Keluarga, saat itu dosen saya sedang memberikan materi tentang historical time of generation in Indonesia.

saat itu saya baru tahu kalo ternyata anakyang lahir tahun 80-an termasuk dalam kategori “Golden Generation” (GG). namun ironisnya, setelah Indonesia mampu menghasilkan generasi terbaik, keadaan menjadi berbalik. anak2 yang dilahirkan pada dasawarsa selanjutnya masuk dalam kategori “Lost Generation”(LG, bukan merk barang elentronik lho ya!), terutama anak-anak yang lahir pada puncak krisis moneter terjadi.

saat ini, anak-anak yang masuk dalam kategori  GG sebagian besar sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan sebagian yang lain baru memulai kariernya. coba kita bayangkan kita forward time pada 20 tahun yang akan datang, apa yang terjadi pada anak-anak GG? mereka yang memegang jabatan dalam bidang ekonomi, politik, sosial, pemerintahan dan sebagainya. intinya pada 20 tahun mendatang anak-anak GG yang akan menjadi penetu bagaimana keadaan bang Indonesia.

anak-anak GG telah memiliki modal dasar yaitu, pertumbuhan fisik yang baik sehingga pertumbuhan otaknya juga optimal karena saat 80-an bisa dikatakan bahwa Indonesia mencapai masa kejaannya, terutama dengan tercapainya swasembada pangan. asumsinya adalah dengan tercapainya swasembada pangan, maka kebutuhan penduduk Indonesia akan bahan pangan terpenuhi sehingga anak-anaknya bergizi baik sehingga tumbuh-kembangnya dapat berjalan dengan optimal. intinya, anak-anak GG telah memiliki modal dasar berupa kesehatan fisik dan kemampuan intelegensia yang cukup.

pertanyaannya sekarang adalah, apakah anak-anak GG mampu membawa bangsa ini lepas dari semua permasalahan yang selama ini membelit bangsa Indonesia tercinta kita? jawabannya it’s depend on their character, their motivation n their optimism.

anak-anak GG haruslah memiliki karakter yang kuat dan motivasi serta optimisme yang tinggi dalam diri mereka.

karakter yang kuat dapat dicirikan dengan sifat jujur, saling percaya, bertanggung jawab, penghormatan pada diri sendiri dan orang lain serta lingkungan. hal ini penting untuk ada dalam setiap individu, karena merupakan social capital suatu negara.

motivasi dan optimisme juga penting untuk dimiliki dalam jiwa tiap individu karena dengan motivasi dan optimisme yang tinggi kita akan tergerak untuk melakukan sesuatu dan membuat suatu perubahan. tinggal tujuannya saja yang harus ditentukan, mau tujuan yang baik atau sebaliknya.

untuk semua generasi muda bangsa Indonesia,, mari kita bersama-sama membangun bangsa ini dan yakinlah kalau suatu saat nanti bangsa Indonesia mampu mengatasi semua permasalahan yang ada dan kembali bangkit dari keterpurukan. semua itu tergantung pada kita dan yang terpenting lagi adalah karena kita merupakan satu-satunya generasi tumpuan harapan bangsa ini bisa membalikkan kondisinya sebab generasi setelah kita termasuk dalam kagori LG yang sebagian tidak memiliki kompetensi yang cukup untuk memberikan kontribusi yang cukup untuk membangun bangsa Indonesia tercinya kita….

semoga setelah membaca artikel ini, anda menjadi tercerahkan untuk memiliki karakter, motivasi serta optimisme untuk membangun tanah air tercinta karena kitalah tumpuan bangsa. tidak perlu hal  yang bombastis dalam memberikan kotribusi untuk bangsa Indonesia, n nggak perlu mulai saat kamu lulus kuliah. mulai sekarang pun kita sudah bisa memberikan kontribusi untuk bangsa ini, misalkan saja membuang sampah tidak sembarangan, membiasakan kalo belanja bawa kantong dari rumah supaya mengurangi penggunaan plastik, menularkan pemikiran kita untuk membuat bangsa ini bangkit dari keterpurukan, membiasakan diri untuk antri, menghargai dan menghormati diri sendiri dan orang lain, berperilaku jujur, bertanggung jawab, saling percaya diantara sesama, tolong-menolong, never give-up dan masih banyak lagi hal2 kecil yang bisa dilakukan mulai saat ini…

kita memang harus memiliki nasionalisme,, tapi juga ingat,, jangan berlebihan karena itu bisa juga jadi bumerang untuk bangsa kita nantinya.

intinya,, lakukanlah yang terbaik yang kita bisa untuk bangsa Indonesia tercinta ini, ok?

2 Komentar

  1. InsyaAllah, jika usaha dan niat kita murni, Allah akan perkenankannya..

  2. sugeng

    Setuju mbakyu, akan lebih baik jika terwujud masyarakat madani, generasi muda yang cerdas mental dan pikiran, memiliki nilai/norma TIMUR yang kuat, bertanggung jawab terhadap diri, keluarga dan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: