cerita magang

3 minggu magang di IHF n 2 minggu ngajar di SD Karakter Cimanggis-Depok, there is a lot of experience that I found on it.

1st,, I learn more about “IKHLAS”

2nd,, I learn how to be the one with a lot of understanding n patience

3rd,, etc.

ok,, I want to start my story n my work experience at SD Karakter.

3 hari pertama ngajar,, aku cuman duduk diem di kelas,, merhatiin guru yang jadi pasanganku ngajar… aku memperhatikan cara n metode dia mengajar. 3 hari itu masih biasa2 aja n honestly I said “ngebosenin banget!”

hari keempat,, aku memberanikan diri untuk mengajar mata pelajaran matematika… aku yang ngajar aja bingung! apalagi anak2 yang memperhatikan aku!! tapi mereka lumayan senang karena aku ngasih games di akhir aku ngajar. aku mulai dekat dengan murid2ku yang memiliki karakteristik yang sangat berbeda satu sama lain. setelah aku melewati hari keempat ini,, aku mulai merasakan “sensasi” yang berbeda. I can enjoy what I do.

pernah ngerasain nggak gimana rasanya harus ngebantu anak2 menyelesaikan konflik diantara mereka?

atau… pernah ngerasain gimana rasanya tiba2 kita dipeluk dari belakang sama anak yang baru saja kita kenal??

atau… pernah ngerasain gimana rasanya kalau ada anak nangis,, tiba2 dia peluk kaki kita n ngadu sama kita???

atau… pernah ngerasain gimana rasanya dikasi gambar oleh anak usia 9 tahun????

atau… ada yang pernah ngerasain nggak gimana rasanya ada anak yang bilang “aku seneng deh hari ini karena ada bu Vina sih….”

semua itu “so sweet” bgt buatku….

ternyata dunia anak2 tuh jauh lebih amazing dari yang aku bayangkan….

dari mereka selama 2 minggu ini aku banyak belajar tentang banyak hal….

dunia anak2 adalah dunia yang sangat menyenangkan… kenapa aku bilang begitu karena tidak ada dalam kamus mereka yang namanya dendam atau benci. memang sering terjadi pertengkaran, konflik kecil2an,, namun apabila masalah diantara mereka sudah diselesaikan dan satu sama lain sudah saling memaafkan maka mereka bisa kembali bercanda dan tertawa-tawa seperti sedia kala tanpa ada dendam sedikitpun di perasaaan mereka yang terefleksikan dari perilaku mereka…. it’s so great for me… andai saja semua orang mau belajar dari anak2,, pasti dunia akan damai…

dari anak2 aku juga belajar sabar n harus lebih mengerti orang lain….

selama magang aku juga banyak belajar terutama tentang bagaimana mengajar pada anak dan bagaimana caranya memasukkan nilai2 luhur serta budi pekerti yang baik (good character) pada anak karena filosofi pendidikan adalah untuk membentuk anak yang good ‘n smart,, good dalam karakter n smart dalam kognisi.

sungguh,, banyak sekali hal yang aku peroleh dari magang hanya dalam waktu 2 minggu efektif… aku sangat bersyukur dapat memperoleh kesempatan untuk bekerja sekama 1 bulan lebih di Indonesia Heritage Foundation, tepatnya di SD Karakter. Alhamdulillah ya Allah, Thank’s all of my student at 4th grade n 2nd grade (Afi, Ufi, Anga, Bram, Taufiq, Hanif, Keisha, Elliot, Firra, Aras, Zahra, Andika, Bintang, Firdi, Riski, Ihsan, Kusuma, Abhi, Nixon), thank’s for Mrs. Ratna Megawangi (founder n executive director of IHF) & Mrs Rahma Dewi (vice Execituve Director), thank’s to Mrs. Wahyu Farrah Dina (headmaster of SD Karakter), thank’s for all of the teachers n staff at SD Karakter (mbak Qori, teh Tina, mbak Ika, mbak endang, mbah edi, mbak Fida, mbak ama, bu sofie, mas andri, bu Yul, mbak Flo), TK&PG Karakter (mbak nur, mbak lidya, mas koko, mbak hani), n of course IHF (mbak sarie, mbak melinda)

1 Komentar

  1. made2

    Good activity !!
    kalo dah selsai magang di ihf, jangan lupa untuk sekali-kali main lagi kesana.

Tinggalkan Balasan

