LKTN Pertanian (SEREAL BEKATUL SEBAGAI ALTERNATIF ADDED VALUE RESIDU PENGGILINGAN PADI)

RINGKASAN

SEREAL BEKATUL SEBAGAI ALTERNATIF ADDED VALUE RESIDU PENGGILINGAN PADI DISUSUN OLEH OKVINA NUR ALVITA, ESTI ROHIMAH, SRI RAHAYU MULYANI.

Residu yang dihasilkan pada proses penggilingan padi adalah dedak kasar dan dedak halus. Dedak kasar dimanfaatkan untuk bahan bakar atau campuran bahan pakan ternak dan unggas atau ikan. Pemanfaatan bekatul adalah sebagai camilan anak-anak di perdesaan. Bekatul yang kaya akan zat gizi dapat dimanfaatkan menjadi beberapa produk makanan yang memiliki nilai tambah dari aspek pertanian, aspek ekonomi dan sosial.Bahan dasar sereal bekatul instan adalah bekatul, tepung maizena, tapioka, gula garam, vanila, coklat bubuk, susu bubuk dengan menggunakan mixer, drumdrier, autoclave, baskom, pengadukSereal bekatul instan merupakan pangan fungsional yang dapat bermanfaat bagi kesehatan dan berkhasiat mengobati berbagai penyakit.Pembuatan bekatul dalam bentuk sereal tidak hanya meningkatkan residu penggilingan padi dalam aspek pertanian saja, namun juga pada aspek ekonomi dan sosial. Pada aspek pertanian, sereal bekatul meningkatkan nilai tambah residu penggilingan padi. Pada aspek ekonomi, sereal bekatul dapat meningkatkan pendapatan petani dan juga menambah penghasilah produsen. Pada aspek sosial, dengan adanya produk baru berupa sereal bekatul, dapat menyerap lapangan kerja baruSereal bekatul instan merupakan bisnis yang prospektif dimasa depan sejalan dengan gaya hidup masyarakat yang serba cepat menjadi peluang diterimanya produk ini. Saran yang dapat disampaikan dari pembahasan ”Sereal Bekatul sebagai Alternatif Added Value Residu Penggilingan Padi” adalah perlunya sosialisasi kepada masyarakat luas akan pentingnya mengkonsumsi bekatul, mengubah pandangan masyarakat bahwa bekatul merupakan makanan ternak dan tidak layak dikonsumsi oleh manusia yakni dengan cara mempromosikan sereal bekatul, dan perlunya dukungan dari pemerintah dalam mensosialisasikan konsumsi bekatul.

Download makalah lengkap DISINI

13 Komentar

  1. imam sumaji

    Hmm…idenya bagus namun kalo bisa diaplikasikan dong, bahkan kalo perlu dipasarkan juga, agar idemu lebih produktif, okeh…
    Btw, ikut LKTN Pertanian plus LKTM Seni 2007 jg ya?Sama dong, saya juga ikut LKTN pertanian plus LKTM Seni 2007 jg, walaupun pas ikut LKTN Pertanian ga lolos…..Tp untuk LKTM Seni belum ada pengumumannya nih!!
    Semangat ya, Tuk membuat karya tulis sebanyak mungkin…karna saya pun maniak karya tulis juga bahkan totalnya udah 5 buah, karna kebetulan semester ini saya harus wisuda, yawdah deh berhenti…..

  2. alit

    good girl.

    ikutan sharing juga boleh gak…
    q juga maniak LKTI.

  3. efa nugroho

    tolong kasih tau cara pembuatan sereal dumks………….. please……….

  4. adhim

    boleh nanya ga?
    kbetulan q pngen bwt biskuit dari bekatul, tapi kok rasane ada pait2nya ya????
    kalo boleh tahu, gimana ya cara bwt ngilangin rasa paitna itu
    thanks be4 and after

  5. rizkiana a

    saya lg nyari pemanfaatan bekatul yang efisien nih…
    gmn sh cr buat sereal bekatulnya?
    gmn jg caranya agr bekatulnya awet?
    makasih y,,

  6. riska puspita

    saya mahasiswi kebidanan berumur 19 tahun. saya mempunyai myom atau benjolan dipayudara, memang sangat kecil sudah delapan bulan tidak menjadi besar alhamduliilah. berkat om memberitahu untuk makan bekatul. sudah beberapa bulan ini badan saya terasa fit, nyeri tidak ada lagi. yang saya ingin tanyakan bagaimana cara membuat bekatul? sedangkan orang tua saya mempunyai pabrik gilingan padi?yang bagian mana yang menjadi bekatul?terimakasih

  7. guarantorship tricircular poplar progressive guardedly kindle voluminousness athecate
    ISnSC LLC.
    http://www.nouveux.com/

  8. viena

    saya mau bertanya, biasanya pengkonsumsian bekatul dalam bentuk apa? Digiling sampai halus atau kasar?
    Apa manfaatnya sama atau berbeda antara bekatul yang halus(tepung) dengan yang kasar? Mohon bantuan nya untuk bahan tesis saya.🙂

  9. ratih

    ass.tolong beri informasi tentang pembuatan sereal……..
    please……..

  10. ass.wr.wb
    pengen tahu neeh gimana cara ngebersihin bekatul, secara kan udh jadi tepung. soalnya temen q pngen buat makanan dari bekatul tapi ga yakin ma bekatul yang di pasar, yang dibayangin kandang ayam ma bebek yang jorok. terima kasih
    mass.wr.wb

  11. Bagi anda yang membutuhkan sereal bekatul siap makan. Anda bisa mendapatkan di http://www.seratalami.com siap kirim ke seluruh indonnesia. Di olah secara bersih dan sehat. Berijin Depkes. 100% alami tanpa bahan pengawet .info lanjut klik http://seratalami.com
    or SMS 0819661505

  12. chika

    metode pengujian untuk sereal pangan ini apa

  13. iva

    umm, ide bagus nih. .
    tlg dong dcantumin cara bkinnya jg. .
    saya jg jadi pengen tau. .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: