Lomba Karya Tulis Mahasiswa bidang Seni tahun 2007 (Revitalisasi Khazanah Budaya Indonesia Melalui Cerita Rakyat Bergambar bagi Anak Prasekolah)

RINGKASAN

oleh:

Okvina Nur Alvita

Esti Rohimah

Indonesia memiliki khazanah budaya berbeda-beda dari Sabang sampai Merauke. Kekayaan budaya tersebut merupakan salah satu warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang harus selalu dijaga kelestariannya. Keragaman budaya di setiap daerah juga dapat dikembangkan sebagai wisata budaya, untuk menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia. Namun ironisnya, saat ini minat generasi muda untuk mempelajari budaya Indonesia masih rendah. Fenomena tersebut salah satunya dapat dibuktikan dengan lebih familiarnya mereka kepada “Detective Conan”, “Shinchan”, “Doraemon”, “Batman and Robin”, “Spiderman” dan sebagainya, daripada cerita-cerita rakyat yang ada di Indonesia. Apabila permasalahan ini tidak segera diatasi maka, bukan tidak mungkin bangsa Indonesia akan kehilangan jati dirinya di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, adanya degradasi minat generasi muda dalam mempelajari budaya Indonesia harus segera dicari jalan keluarnya. Salah satu solusi yang dapat ditempuh adalah dengan memperkenalkan budaya Indonesia pada anak sejak usia dini melalui cerita rakyat bergambar.

Berdasarkan uraian di atas maka tujuan pembuatan karya tulis berjudul “Revitalisasi Khazanah Budaya Indonesia melalui Cerita Rakyat Bergambar bagi Anak Usia Prasekolah” adalah: (1) mengetahui kodisi budaya dan kesenian di Indonesia; (2) mengetahui karakteristik anak usia prasekolah; (3) mengetahui pengaruh cerita bergambar terhadap perkembangan anak usia prasekolah; (4) mengetahui pengaruh cerita rakyat sebagai budaya Indonesia terhadap perkembangan anak usia prasekolah; (5) merumuskan lebih lanjut program revitalisasi budaya Indonesia melalui cerita rakyat bergambar kepada anak usia prasekolah. Analisis dalam penulisan karya tulis ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu: (1) penggalian ide; (2) perumusan masalah; (3) pengumpulan informasi; (4) pengolahan informasi; (5) pengambilan kesimpulan dan saran.

Menumbuhkan minat generasi muda dalam mempelajari kebudayaan Indonesia harus dimulai pada anak sejak usia dini, khususnya saat usia prasekolah, karena usia ini merupakan the golden age pada anak. Disebut the golden age karena berdasarkan teori Psikososial Erikson, anak usia prasekolah sedang mengembangkan “inisiatif versus perasaan bersalah”. Inisiatif yang sedang dikembangkan oleh anak prasekolah mendorong rasa keingintahuannya apabila ia diperkenalkan pada sesuatu yang baru. Dampak dari keingintahuan dan ketertarikan anak dalam mempelajari kebudayaan, bila telah ditumbuhkan sejak kecil akan berlanjut hingga dewasa.

Salah satu alternatif dalam memperkenalkan budaya Indonesia pada anak usia prasekolah adalah melalui cerita rakyat bergambar. Cerita rakyat yang memuat nilai-nilai kebudayaan asli Indonesia yang dimodifikasi dalam bentuk buku cerita bergambar yang menarik dapat mempengaruhi pertumbuhan imajinasi dan cara berpikir anak. Wahyuning, et.al. (2003) menyebutkan bahwa dalam pertumbuhan berfikir anak, visual mempunyai kemampuan stimuli yang cukup tinggi. Dari kemampuan ini, anak pun mempunyai kemampuan mengingat semua yang pernah dilihat dan bahkan membawanya ke alam bawah sadar.

Cerita rakyat bergambar untuk anak usia prasekolah yang merupakan the golden age dapat dikategorikan menjadi dua jenis berdasarkan cara anak menggunakannya. Pertama, untuk anak prasekolah yang belum dapat membaca. Bagi anak usia prasekolah yang belum dapat membaca, cara yang dapat dilakukan adalah dengan menceritakan kepadanya. Bananta (2003) mengatakan bahwa salah satu cara untuk memperkenalkan budaya pada anak dapat dilakukan melalui cerita yang dapat dilakukan oleh orang tua, guru, dan lain sebagainya. Masa prasekolah adalah masa keemasan anak, karena pada masa itu anak akan mengeksplorasi dan senantiasa mengingat apa yang ia dengar. Kedua, untuk anak prasekolah yang sudah dapat membaca. Bahasa sederhana dan gambar menarik akan membuat anak mudah tertarik. Cerita rakyat bergambar, dalam terobosan ini adalah cerita bergambar yang menampilkan sedikit cerita dalam setiap halaman dan dilengkapi dengan gambar penuh dalam setiap halaman. Selain itu cerita rakyat bergambar ini juga dilengkapi dengan pesan moral yang tersurat langsung dalam cerita tersebut. Dengan demikian anak akan mudah memahami apa yang terdapat dalam cerita tersebut. Sehingga nilai dan moral luhur yang merupakan budaya dasar Indonesia yang terdapat dalam cerita rakyat tersebut tertanam dalam diri anak sejak usia dini. Hal ini dapat menjadi modal utama dalam membangun sumber daya manusia untuk pembangunan berkelanjutan.

Kesenian dan kebudayaan merupakan dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Kesenian dapat menjadi wadah untuk mempertahankan identitas budaya Indonesia. Faktanya, sekarang ini identitas budaya Indonesia sudah mulai memudar karena arus global. Sehingga kondisi yang mengkhawatirkan ini perlu segera diselamatkan. Pembangunan sumber daya manusia dan peningkatan daya saing bangsa dapat dilakukan dengan menanamkan norma dan nilai luhur budaya Indonesia melalui cerita rakyat bergambar. Hal ini ditujukan untuk mengangkat kembali identitas bangsa Indonesia melalui sosialisasi nilai budaya yang terkandung dalam cerita rakyat Indonesia, yang ditanamkan kepada anak sejak usia prasekolah.

Periode prasekolah merupakan masa pembentukan karakter dan kepribadian anak. Kemampuannya merekam informasi akan tetap membekas jika disampaikan dengan metode yang menyenangkan. Oleh karena itu, revitalisasi khazanah budaya Indonesia melalui cerita rakyat bergambar bagi anak usia prasekolah merupakan hal penting untuk dilaksanakan.

Saran yang dapat disampaikan dari pembahasan revitalisasi budaya Indonesia melalui cerita rakyat bergambar bagi anak usia prasekolah antara lain: penulis cerita rakyat bergambar untuk anak hendaknya lebih kreatif dalam menampilkan cerita bergambar. Selain itu penyampaian pendidikan yang menyenangkan hendaknya selalu diperhatikan, baik untuk guru maupun orang tua. Dalam konteks ini kerja sama menjadi kunci penting yang perlu dilakukan semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat.

Download makalah selengkapnya DISINI

20 Komentar

  1. erni nurdianti

    karya kamu bagus banget, kalau boleh aku minta makalah lengkapnya donk, kirim ke email ku. kemarin aku juga ikut lomba bidang ips tapi hanya sampai wilayah, barang kali kita bisa sharing. ok oya aku dian dari UNESA Surabaya

  2. kalo kamu mau softcopynya boleh… sebagai referensi untuk nulis selanjutnya…n kita bisa sharing pastinya…
    kamu bisa kirim email ke v_alvita@yahoo.co.id
    ok? ditunggu ya…

  3. Makalah yang telah anda tulis sudah bagus dan berbobot. tetapi ini cuma sekedar saran, sebaiknya juga dipaparkan lebig dalam tentang :
    1. Latar Belakang masalah (masalah dan manfaatnya)
    2. Pembahansan
    3. Kesimpulan
    4. Daftar Pustaka
    semua itu bisa untuk referensi atau tugas kuliah tentang pembuatan makalah atau yang lain.
    Terima kasih….

  4. petani

    seni budaya memang penting, tapi ada yang lebih penting, yaitu sistem. sistem di negara kita ini yang perlu dirubah. dirubah bagaimana? itu semua tugas kita sebagai anak bangsa.
    terima kasih

  5. makalah kamu bagus sekali berkaitan dengan judul ttg kolokiumku di kampus,Ouiya mawu saling berbagi info ga ttg menceritakan khasanah indonesia bagi anak-anak apalagi dikhususkan dengan anak pra sekolah..aku sangat tertarik sekali..
    oiya aku kuliah di Institut Teknologi Nasional(ITENAS)jurusan desain.untuk info lebih lanjut kmu bisa liat friendstr aku atau reply via email yaps!aku tunggu banget!he…trims:)

  6. kalo kamu tertarik atau pengen bertukar pikiran kamu bisa kirim email di v_alvita@yahoo.co.id atau lihat FS aku http://www.friendster.com/okvina

  7. titin

    saya titin mahasiswa dari USU.Makalah yg anda tulis sangat menarik.bolehkah saya minta makalah anda secara lengkap.jika anda bersedia tolong kirimkan lewat e-mail saya dan mohon dilampirkan jg daftar pustakanya.terimakasih….

  8. eqhy

    aduh aku mau nulis nih buat kktm seni 2008
    bahan kamu keren banget

  9. rojaki

    lktm nya ok banget… gimana kalo aku mau buat lktm 2008, kasih ide dong? makasih bales ya lewat e mail ku

  10. nando

    hi, salam kenal
    aku tertarik ama ide kamu mengaplikasikan cerita gambar dalam pengmbangan seni.
    kalau boleh aku minta makalah lengkapnya dong. soalnya tahun kemaren aku juga buat karya tulis tentang cerita gambar ini juga tapi untuk pengajaran bahasa inggris and sekarang aku lagi penelitian masih berhubungan dengan cerita gambar ini dalam program PKM dikti. kalau boleh aku mintak makalah lengkap kamu sebagai bahan perbandingan. kamu bisa hub aku di nandoakmal@gmail.com. terima kasih ya atas perhatiannya. maju terus pendidikan indonesia

  11. Nay

    makalah yang anda tulis sangat bagus dan benar2 menarik sekali….boleh saya minta copyan nya?? kirim ke email saya….terima kasih banyak atas balasannya….

  12. edy

    makalah yang anda tulis menurut saya lumayan bagus, mungkin perlu pengembangan dikit lagi biar tampak sempurna

  13. aini

    Tulisan padat ringkas, tapi lampirkan dong sumber literaturnya…. agar mudah untuk mencari informasi lebih lanjut ya…

  14. bagus2,,,,tingkatkan

  15. rudini

    hai salam kenal semangat aja terus untuk memperjuangkan pendidikan kita ii yang telah jauh dari harapan terutama masalah kuantitasnya ok situs q…..profek.com………or pakalu.weblog.com….

  16. eh’gue kagum banget ma kamu akan segala kreativitas kamu hebat tingkatkan aja ok…………..dan semangat terus dalam perjuangkan pendidikan…

  17. eh boleh nadk aku dikasi juga kopian makalahnya soalnya aku ada tugas trus pusing ngerjainnya…..kalo kamu ndak keberatan!!!!!ok

  18. widirestoe

    wah keren bgt tuh karya mu.
    boleh dun minta lengkapnya..tolong kirim di alamat email ku yaa, widirestoe@yahoo.com.aku lagi bingung nih mau buat bidang seni bingung mau mulainya darimana..hehehehe.btw lam kenal yach!

  19. anitya meisya pratiwi

    duh ringkasan bagus banget apalagi makalahnya secara utuh. saya kan lagi buat KTI tentang seni, dan makalah kaliah bisa banget tuh buat referensi KTI saya. kalo bisa tolong kirimin yak data lengkapnya… hehe.. ke email saya : andrianitya@yahoo.co.id…. dan mau tanya juga dapat info KTI kalian dari mana.. thx ya.. ditunggu loh.. btw, salam kenal ya… =)

  20. icha

    bagus banget makalahnya.
    icha mau minta kirim ke emailku ya…
    saya sangat tertarik tentang cerita rakyat khususnya di sekolah dasar

    kirim ke email ku ya lemgakapnya

    ika_ichawa@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: