Pendidikan Holistik Berbasis Karakter pada Anak Usia Prasekolah: Jawaban Membangun Bangsa Indonesia

Tema: Masa Depan Bangsa yang Kuimpikan.

Pendidikan Holistik Berbasis Karakter pada Anak Usia Prasekolah: Jawaban Membangun Bangsa Indonesia

Oleh: Okvina Nur Alvita


Indonesia berada pada peringkat 108 Human Development Index (HDI) 2006. Hal tersebut menunjukkan rendahnya kualitas SDM Indonesia. Salah satu faktor yang menentukan kualitas SDM adalah pendidikan. Kenyataan bahwa Indonesia menempati posisi bawah dalam HDI menunjukkan lemahnya manajemen sistem pendidikan di Indonesia. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu adanya terobosan baru dalam dunia pendidikan. Metode pendidikan yang diterapkan pada konsep pendidikan holistik berbasis karakter mampu memberikan jawaban dari permasalahan pelik yang sedang dihadapi bangsa ini untuk mencetak generasi penerus bangsa yang handal. Pendidikan holistik berbasis karakter secara efektif dapat mengembangkan sekaligus kecerdasan majemuk anak dan membentuk karakter. Karakter individu merupakan hal sangat vital yang dibutuhkan untuk dapat menghasilkan kualitas SDM yang tinggi di masa depan. Oleh karena itu dipandang perlu untuk menerapkan konsep pendidikan holistik berbasis karakter yang dimulai pada anak usia prasekolah.

Download full paper DISINI

7 Komentar

  1. habib

    mau dong dikirimin artikelnya ke email saya habib_moslem85@yahoo.com

  2. Saya boleh ngopi buku-buku tentang pendidikan holistik berbasis karakter g?kl boleh sekalian dikirimkan ke alamat saya untuk bahan skripsi…Bales dong

  3. unang

    vin boleh aku minta data tentang “Pendidikan Holistik Berbasis Karakter pada Anak Usia Prasekola “,kayaknya menarik untuk disimak tolong dikirim di emailku ya,sebelumnya terimakasih!

  4. dede

    saya sedang coba mencari metode yang bisa saya terapkan dipengajian saya sekarang. sebagai salahsatu referensi, boleh g minta pembahasan tentang metode tersebut!!!
    syukron awalan….🙂

  5. arnita

    gimana klo pendidikan holistik berbasis karakter ini diterapkan dalam PPKn, karena pada dasarnya PPkn bertujuan untuk membina siswa menjadi warganegara yang baik????mohon kirim tulisan2 tentang pendidikan holistik berbasis karakter, di arnitoteles@yahoo.co.id

    terimakasih,,aku tunggu

  6. pergipagi

    saya tertarik dgn paper ini, sudikah mbak mengirimkannya ke email saya di rizkiaji@gmail.com tersebab melalui ziddu sy mendapati hal yg musykil untuk mendownloadnya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas perhatian anda.

  7. Radinal

    Sory Mengganggu, Apakah kamu salah satu peserta lomba menulis essai nasional ? tahun 2007 ? yang temanya optimisme anak bangsa ? mohon dikonfirmasi di email : radinalindo@gmail.com

Tinggalkan Balasan

