Maaf, Saya Tidak Bermaksud Mengkhianati Produk Indonesia

Aku Cinta Indonesia

I Love Indonesia! Sesuai dengan konsep saya tentang cinta bahwa cinta itu tidak perlu banyak kata, tapi hanya perlu bukti kongkret. Maka sejak September 2009 saya telah berjanji pada diri saya sendiri untuk menggunakan produk Indonesia untuk apapun yang saya pakai, mulai dari kosmetik, perlengkapan toiletries, pakaian dan kalau bisa gadget yang saya punya juga harus produk Indonesia. Selain itu saya lebih memilih produk Indonesia kalau saya membeli sesuatu.

Mengapa saya melakukan hal itu? Karena saya ingin mengapresiasi produk Indonesia. Kalau bukan kita yang pakai produk Indonesia, lalu siapa lagi? Menurut saya, produk Indonesia harus menjadi raja di negaranya sendiri. Gimana produk Indonesia bakalan maju dan bisa bersaing dengan produk luar negeri kalo kita sebagai orang Indonesia aja enggan pakai produk Indonesia? Maka, saya memulai dari diri saya sendiri.

Bedak saya yang awalnya Oriflame, saya ganti jadi pakai Caring Colours dari Martha Tilaar untuk compact powder. Sedangkan untuk loose powder, yang awalnya Oriflame saya ganti pakai produknya La Tulipe dari PT. Rembaka (hayoo, siapa yang baru tahu kalau La Tulipe itu produk Indonesia?? :D). Facial foam yang biasanya saya pakai itu clear and clean, lalu saya menggantinya dengan facial foam dari sariayu. Saya juga mencoba untuk memakai produk Citra dan Sariayu untuk toiletries (sabun, shampoo, dan kawan-kawannya). Kalau misalnya ada handphone produk Indonesia asli, saya juga bersedia lho ngeganti handphone saya dengan handphone merk Indonesia. Laptop merk z*rex itu produk Indonesia asli kan ya? Saya ingin ganti laptop saya dengan merk itu, tapi sayangnya masih belum ada rezeki lebih untuk ganti laptop… hehehe… :D. Oh iya, tas yang sering saya pakai juga produk Indonesia lho! Salah satu produk dari Batik Keris dan Eiger. Indonesia banget tuh… :) (what? Baru tahu kalau Eiger itu produk Indonesia?? Kemana aja selama ini…?? :P)

produk caring colours

loose powder La Tulipe

women series Eiger

Yah, saya bangga sekali pakai produk Indonesia because I love Indonesia:)

Tapi dengan teramat sangat terpaksa, sejak satu minggu yang lalu, saya harus mengkhianati produk Indonesia yang saya pakai. Saya terpaksa mengganti shampoo Sariayu saya dengan shampoo dari Loreal Elseve. Bukan, bukan karena kecintaan saya pada produk Indonesia luntur, tapi saya tida cocok pakai shampoo itu dan sebelumnya saya juga sempat mencoba pakai shampoo dari Bayam dari Mustika Ratu juga tidak cocok. Rambut saya jadi rontok nggak karu-karuan… Kalau dibiarkan, rambut saya bisa habis lama-lama… :( dan setelah pakai shampoo dari Loreal Elseve, masalah rambut rontok bisa teratasi. Hal inilah yang menyebabkan saya harus mengganti salah satu produk Indonesia yang saya pakai.

Shampoo Sariayu

Shampoo Bayam Mustika Ratu

Shampoo Loreal Elseve

You know, shampoo Loreal Elseve itu harganya dua kali lipat dari shampoo Sariayu atau Mustika Ratu, lalu saya berkesimpulan, ada harga ada kualitas. Saya jadi berpikir, kenapa orang Indonesia ogah pakai produk dalam negeri? Mungkin salah satu alasannya adalah dari segi kualitas. Maka, saya harap dengan kasus yang menimpa saya ini, pihak Sariayu dan Martha Tilaar bisa memperbaiki kualitas produknya. Nggak masalah untuk harga yang lebih mahal sedikit, asal kualitas produknya terjaga. Nah, kalau kualitas sudah terjaga, saya rasa banyak orang yang tidak akan enggan utuk memakai produk Indonesia.

Jujur, sedih sekali saat saya harus mengganti produk Indonesia dengan produk dari luar negeri… Karena artinya, pengguna produk Indonesia telah berkurang satu orang. Padahal buat nambah satu orang aja yang sadar mau pakai produk Indonesia itu susah banget. Lha, saya yang udah sadar pakai produk Indonesia malah berpindah lagi ke produk asing karena alasan di atas…

Maaf ya, saya tidak bermaksud mengkhianati produk Indonesia…

Bogor, 29 Mei 2010 14:37

~Okvina Nur Alvita

About these ads

32 Komentar

  1. Ike

    salam kenal mba,
    aku juga pengen banget pake produk2 kosmetik Indonesia, tapi takut kalo ganti ke produk lain malah jd rusak wajahnya.
    oiya, emang mba ga kenapa2 tuh perasaan tiap kosmetik beda brand.
    hehe
    artikel yang bagus mba, biar Indonesia tambah makmur so kita harus jadi penglaris.
    ^^

  2. songjoongki

    saya juga mulai pake produk2 mustika ratu and sariayu ^^

  3. nice article, tapi mbak citra itu bukan indonesia punya, dulu memang iya, tapi sekarang sudah dibeli sama unilever, unilever kan amrik punya mbak,,,, salut ya buat mbak yang sudah indonesia banget! kalau bukan kita, siapa lagi…. ^_^

  4. agest

    harga sampo loreal elseve brp?
    Trus bli dmn?
    Klo buat rambut rusak dan kering yg apa?
    Please jwb

  5. Charlize

    Nggak usah merasa nggak enak hati, Pake produk perawatan diri tuh soal cocok-nggaknya di kulit. Kalo emang nggak cocok di suatu produk, nggak peduli itu buatan dalam atau luar negeri, yah udah, nggak usah maksain diri. Daripada tubuh jadi ancur-ancuran… Gitu…

  6. jangan karena harga lebih mahal, so.. mbak bilang shampoo yang mahal itu tandanya bagus…
    dimana2 barang luar yang masuk ke dalam negri itu pasti kena pajak, maka itu kebanyakan barang yang dari luar masuk ke dalam negri harganya lebih mahal.
    shampoo bagus itu ga mesti mahal ko, asalkan kita bisa merawat rambut dan cocok dengan shampoo yang kita gunakan, sudah pasti bagus ko.

  7. bunga

    Saya nda cocok loh pake Loreal elseve.
    Seminggu pertama aja cocok, setelah itu rambut saya merah!! \(˚☐˚!!)/ \(!!˚☐˚)/
    Truss saya coba gonta ganti shampoo rambut saya rontok.
    Trus ada tmn yg nyaranin pake punya nya Mustika Ratu, Hair tonic, Bilasan santan, sama Shampoo nya..
    Saya pakai lahh.
    Dan voila!!!
    Rambut saya lebih tebal, lebih lembut dri biasanya.
    Lebih berkilau. Di coba lagiiii..
    I <3 Produk Indonesia!!

  8. Faris

    Saya malah cocok banget pake shampoo lidah buaya nya sari*yu. Tadinya rambut sy udah nyaris botak, malah sering dikatain dengan nama profesor yg ada dikampus. Sekarang udah lebat lagi tuh pake shampo lidah buayanya.

  9. terima kasih sis …saran nya ok

  10. nisa

    alhamdulillah, sejak umur 17 tahun sampai sekarang umur saya 38 tahun, saya memakai semua produk mustika ratu. Mudah-mudahan sampai sekarang belum ada keluhan apapun.

  11. lissa

    Saya sering gonta-ganti produk kosmetik (bedak, moisturizer, shampoo dll) untuk menemukan kosmetik yang paling cocok. mulai dari yang mahal sampe yang murah. dari produk luar negeri sampe produk buatan indonesia. selama pencarian itu pula saya sudah merasakan bahwa kosmetik buatan indonesia jauh lebih bagus. saya pakai bedak viva queen yang harganya lebih murah justru lebih bagus dari bedak revlon atau maybelline yang justru membuat wajah saya berjerawat. saya pakai shampoo loreal karena pengaruh iklan ternyata rambut saya kering, merah, kusut, rontok, beruban. saya ganti pakai shampoo urang-aring sariayu dan alhamdulilah rambut saya tidak kering dan tidak beruban lagi. I love indonesia. produk-produk indonesia emang top markotop. udah murah, aman, bagus lagi. hari gini cantik gak harus mahal dan berisiko.
    thank you viva and sariayu.

  12. klo bwt perawtan wajah, jq pake la tulpe smua.

  13. anies

    saya pernah pke shampo mustika ratu mbaa, . pertamanya bagus mb, . tp lama2 kering, . trus q gnti shampo loreal, pas q maen k counter MR ditanya mb2nya “shamponya nda mb??” trus aq crta masalahnya , . mb2nya bilang “iy mb, klo prdk kita coba ma pke cntionernya soalnya klo nda mmg gt krn tdk mngndg xxx(apa gt sy lp bhub sudah lama)”
    nahh bhub sy org yg dpt thitung sbuk makany q blg mb nya “wahh agk rbet y mb, pke yg lein dl deh mb” :)

  14. salam kenal
    boleh minta jenis ponsel dan laptop buatan Indonesia tak? masih gaptek nih.. :)

  15. nur aisyah

    aku juga pencinta produk indonesia….pakali perawatan wajah latulip alhmdllh sampai saat ini aman2 aja…malah makin cantik hehehehehehe (PD)

  16. mella

    mari berbangga pake produk bangsa sendiri………………………

  17. charisma

    Mb.. Pake shampoo dr La Tulipe aja
    Damage Hair shampoo
    Sm hair tonicnya
    Unt perawatan rambut rontok pakai Liposome hair lotion ny… :)
    Soalny rambut saya rontok.. Tapi setelah pakai product it rambut saya sehat kembali

  18. nggak coba pake Natur mbak? setahu saya dari Indonesia tuh…

  19. Tya

    hihi org indonesia cocoknya ya sama buatan indonesia, tp saya ya blm bisa kyk mbak yg mngganti semua produk dg yg buatan indonesia..hhe

  20. prasety

    saya sudah lama pake produk indonesia untuk perawatan wajah yaitu BLESS dari pt kosmedika tama sejak saya sma. namun ketika beranjak kerja dan ditempatkan dikawasan tak bersahabatan. muka mulai jerawatan dan pori2 membesar. Ganti deh pakai rangkaian produk BIOKOS seri 20s pure balance.
    untuk sampo saya pake NATUR. keren deh rontok ilang.. wangi rempah2 nya menyegarkan.
    Untuk perawatan tubuh saya CINTA bgt ama produknya MUSTIKA RATU butter scrub, butter, soap nya.. semoga semakin banyak yang cinta produk indonesia. UNTUK INDONESIA, DARI INDONESIA, OLEH INDONESIA… MERDEKA

  21. Hanum

    hallo, salam kenal semuaaa… ikutan nimbrung nih :) saya mau tanya dong buat kaka kaka yang pernah liat/ tau tentang produk LaTulipe cosmetiques. Kalian tau produk ini dari mana? terus gimana pendapat kalian tentang packaging produk ini? boleh ya di share pendapatnya, soalnya aku butuh data ini untuk skripsiku hehe. Thank you

  22. Pink Master

    Mbak viva kalau gak salah produk Indonesia juga.

  23. iNA

    saya beru mencoba perawat rambut mustika ratu. Semoga cocok amin :)

  24. mustika

    Saya cocok za tuh. Produk Indonesia lbh alami. Hair tonicnya bagus juga. Sangat dsayangkan kalau kita berpijak dbumi Indonesia. Tp malah memperkaya bangsa asing.

  25. queen

    ADUH.. ADUH produk luar negeri tdk sebagus produk INDONESIA,, itu menurut saya :D dulu pakai kosmetik dri luar negeri sprti oriflame, L’oreal tp owww tidak jelek sekali. Dan pada akhirnya saya temukan Wardah untk perawatan saya dari ujung rambut sampai ujung kaki… jadi produk luar negeri blm berarti premium ya kualitasnya

  26. Wahh saya juga pake produk dari sariayu tapi ada juga lipbloss yang saya pake dari wardah ^^

    oh iya pengen nanya kenapa ya mustika ratu harganya lebih mahal dibanding sariayu? apa yang membedakannya?

  27. Diaz hasna

    I LOVE INDONESIA

  28. Semua itu tergantung kitanya cocok pake yang mana, bukan produknya yang salah!
    Saya malah merasa lebih cocok memakai produk Indonesia .
    Dulu saya pertama memakai Krim/Pelembab yaitu Citra, kulit saya jadi halus tapi warna kulit saya tetap menetap dan tak berubah, bahkan saat saya tidak memakai produk itu muka saya jadi hitamm
    Kedua Fair And Lovely dari dahulu sampai sekarang saya sama sekali tidak pernah punya Jerawat gara gara saya pakai produk itu timbul jerawat dimuka saya walau hanya 2
    ketiga Olay gara gara produk ini timbul bintik bintik disamping hidung saya
    keempat garnier gara gara ini muka saya jadi pada bopengg !!
    nah mulai itu saya coba cari produk indonesia yaitu SARIAYU belang dimuka saya hilang dan muka saya jadi putih, halus dan semua yang disebabkan produk luar itu hilang ..

  29. lunsya

    Saya setuju dgn cinta produk indonesianya. Tp saya tdk sependapat dgn kesimpulannya mbak. Lebih mahal sama dgn lebih bgs kualitasnya??
    Pdhl byk jg lho yg cocoknya sama produk indonesia, produk luar yg lbh mahal malah ga cocok, contohnya saya. Heheh. Jd menurut saya produk loreal yg cocok di mbak itu bkn krn kualitasnya lbh bgs dr sariayu, tp emang krn mbak lbh cocok aja.

  30. me.wahyu

    pada di bujuki semua.. sari ayu martha tilaar di buat di malaysia non.. trus maspion di buat di china mbak. disini cuman repacking dan assembling doang..

  31. dina

    artikel nya keren…saya juga mulai mengganti foundation hari2 dari Naturactore ( jepang ) menjadi Latulipe Cover Foundation…semoga cocok,mengingat latulipe lebih gampang belinya,murah dan di jual di semua tempat..

  32. shampoo la tulip satu pket perawatanya juga bagus,,,,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: