KONSEP PENGASUHAN (PARENTING)

Parent dalam parenting memiliki beberapa definisi-ibu, ayah, seseorang yang akan membimbing dalam kehidupan baru, seorang penjaga, maupun seorang pelindung. Parent adalah seseorang yang mendampingi dan membimbing semua tahapan pertumbuhan anak, yang merawat, melindungi, mengarahkan kehidupan baru anak dalam setiap tahapan perkembangannya (Brooks, 2001).

Pengasuh erat kaitannya dengan kemampuan suatu keluarga/ rumah tangga dan komunitas dalam hal memberikan perhatian, waktu dan dukungan untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental, dan social anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan serta bagi anggota keluarga lainnya (ICN 1992 dalam Engel et al. 1997). Hoghughi (2004) menyebutkan bahwa pengasuhan mencakup beragam aktifitas yang bertujuan agar anak dapat berkembang secara optimal dan dapat bertahan hidup dengan baik. Prinsip pengasuhan menurut Hoghughi tidak menekankan pada siapa (pelaku) namun lebih menekankan pada aktifitas dari perkembangan dan pendidikan anak. Oleh karenanya pengasuhan meliputi pengasuhan fisik, pengasuhan emosi dan pengasuhan social.

Pengasuhan fisik mencakup semua aktifitas yang bertujuan agar anak dapat bertahan hidup dengan baik dengan menyediakan kebutuhan dasarnya seperti makan, kehangatan, kebersihan, ketenangan waktu tidur, dan kepuasan ketika membuang sisa metabolisme dalam tubuhnya. Pengasuhan emosi mencakup pendampingan ketika anak mengalami kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan seperti merasa terasing dari teman-temannya, takut, atau mengalami trauma. Pengasuhan emosi ini mencakup pengasuhan agar anak merasa dihargai sebagai seorang individu, mengetahui rasa dicintai, serta memperoleh kesempatan untuk menentukan pilihan dan untuk mengetahui resikonya. Pengasuhan emosi ini bertujuan agar anak mempunyai kemampuan yang stabildan konsisten dalam berinteraksi dengan lingkungannya, menciptakan rasa aman, serta menciptakan rasa optimistic atas hal-hal baru yang akan ditemui oleh anak. Sementara itu, pengasuhan sosial bertujuan agar anak tidak merasa terasing dari lingkungan sosialnya yang akan berpengaruh terhadap perkembangan anak pada masa-masa selanjutnya. Pengasuhan sosial ini menjadi sangat penting karena hubungan sosial yang dibangun dalam pengasuhan akan membentuk sudut pandang terhadap dirinya sendiri dan lingkungannya.pengasuhan sosial yang baik berfokus pada memberikan bantuan kepada anak untuk dapat terintegrasi dengan baik di lingkungan rumah maupun sekolahnya dan membantu mengajarkan anak akan tanggung jawab sosial yang harus diembannya (Hughoghi, 2004).

Sementara itu, menurut Jerome Kagan seorang psikolog perkembangan mendefinisikan pengasuhan (parenting) sebagai serangkaian keputusan tentang sosialisasi pada anak, yang mencakup apa yang harus dilakukan oleh orang tua/ pengasuh agar anak mampu bertanggung jawab dan memberikan kontribusi sebagai anggota masyarakat termasuk juga apa yang harus dilakukan orang tua/ pengasuh ketika anak menangis, marah, berbohong, dan tidak melakukan kewajibannya dengan baik (Berns, 1997). Berns (1997) menyebutkan bahwa pengasuhan merupakan sebuah proses interaksi yang berlangsung terus-menerus dan mempengaruhi bukan hanya bagi anak juga bagi orang tua. Senada dengan Berns, Brooks (2001) juga mendefinisikan pengasuhan sebagai sebuah proses yang merujuk pada serangkaian aksi dan interaksi yang dilakukan orang tua untuk mendukung perkembangan anak. Proses pengasuhan bukanlah sebuah hubungan satu arah yang mana orang tua mempengaruhi anak namun lebih dari itu, pengasuhan merupakan proses interaksi antara orang tua dan anak yang dipengaruhi oleh budaya dan kelembagaan sosial dimana anak dibesarkan.

Beberapa definisi tentang pengasuhan tersebut menunjukkan bahwa konsep pengasuhan mencakup beberapa pengertian pokok, antara lain: (i) pengasuhan bertujuan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal, baik secara fisik, mental maupun sosial, (ii) pengasuhan merupakan sebuah proses interaksi yang terus menerus antara orang tua dengan anak, (iii)pengasuhan adalah sebuah proses sosialisasi, (iv) sebagai sebuah proses interaksi dan sosialisasi proses pengasuhan tidak bisa dilepaskan dari sosial budaya dimana anak dibesarkan.

TEORI STRUKTURAL FUNGSIONAL DALAM PENGASUHAN

Pendekatan struktural fungsional dalam mengkaji kehidupan keluarga dipelopori oleh William F. Ogburn dan Talcott Parson pada awal abad ke-20 dengan landasan filosofis utama adalah mengakui adanya segala keragaman dalam kehidupan sosial. Keragaman tersebut merupakan sumber utama dari adanya struktur masyarakat dan menyebabkan pula terjadinya keragaman fungsi sesuai dengan posisi seseorang dalam struktur sebuah system. Perbedaan fungsi tersebut menurut pendekatan structural fungsional tidak untuk memenuhi kepentingan individuyang bersangkutan melainkan untuk mencapai tujuan kolektif. Secara filosofis, pendekatan structural fungsional bersumber dari filsafat platonic yang mengakui kebenaran adanya pembagian tugas (Megawangi, 1999).

Download Full Paper DISINI

18 Komentar

  1. Assalamualaikum.. salam kenal ya

  2. Tumbuh kembang anak sampai kepribadian anak, tidak lepas dari bentuk pola asuh anak yang dilakukan orang tua. Kesalahan dalam mendidik anak dapat membuat anak menjadi jiwa pemikiran yang kurang. jadi jangan sampai anda salah dalam mendidik anak.
    —————————————————-
    Rahasia mendidik anak agar sukses dan bahagia di anekapilihan.com

  3. cOsTaa

    duh bwt k okvina.. makacih bgd iaa.. berkatt tulisann iang kk muat tentang PARENTING ini.. tugas kuliah aq kelarr jujaa… thnx bgd iaa…

  4. teh hatur nuhun nyak….heheheh..
    tulisannya jd bahan sumber tugas – tugas aqyu..

  5. anih kurnia

    saya lagi butuh tentang parenting buat skripsi, tolong kasih tahu saya buku sumbernya dong…

  6. khusnul khotimah

    Mb Okvina matur nuwun tulisannya. Barokallah nyak ilmunya…..

  7. yesika medah

    mbak… macam parenting tuh da brp? da brp teori seh? bingung aku, kasih tau dunk…. mbak, kalo pola asuh untuk ibu yang bekerja, tuh yang kayak gimana? makasih y mbak….

  8. yesika medah

    oya mbak, buku yang mencakup itu semua apa ya?

  9. ika

    mba saya mau tanya
    pola asuh dan pengasuhan sama ga ya??
    dan kemudian saya mau tanya untuk teori Hoghughi 2004
    mba dapatnya dari buku apa penerbitnya apa??
    mohon bantuan ya…

  10. gini toponindro

    Dear Vina…

    Saya tertarik dengan tulisan anda, sebagai bahan penyusunan tugas kuliah saya membutuhkan sumber referensinya untuk saya telusuri lebih lanjut.. mohon kirimkan referensi daftar pustaka dari artikel tersebut ke email saya. Terima kasih sebelumnya.

    Salam

    • siska

      Mbak untuk teori Hoghughi 2004, Mbak dapat dari judul buku apa dan penerbitnya apa? Mohon bantuannya terimakasih…

      • parmi suwito

        Terimakasih untuk tulisan di blok ini, saya terbantu dalam membuat skripsi, bolehkah sy memperoleh info dari buku apa dan penerbit siapakah teori Hoghughi 2004 itu ya… terimaksih sebelumnya…
        mohon dikirim di email saya.

  11. indriyani

    mba..maksih ya ats artikel tentang parenting ini, tp mba apkah sya boleh tau referensi buku yang ada dlam artikel ini..terimakasih tlong krim ke email sya y mba..soalnya sya butuh untuk refrensi skripsi sya..
    terima ksih..

  12. menarik sekali mbak… oh ya sy jg mnta kirim referensinya mbak utk tugas saya. mohon kirim k email sy… trimaksih byk :-)

  13. Mba, semoga bermanfaat ….
    Tambahan pengetahuan dengan hadirnya artikel mba…
    Seperti yang sudah ada, saya boleh minta daftar referensinya gak ya..buat tugas kuliah..
    terimakasih….

  14. yudhi pradhana

    Hi Mbak Vina,

    Salam kenal. Saya saat ini sedang riset bahan-bahan Parental Skills untuk orang tua siswa/siswi SD. Mohon saya dapat korespondensi dengan mbak Vina untuk lebih lanjutnya.

    Terima kasih.

  15. mbg vina makasih artikelnya, bleh saya tau bku referensix?tlong bantuanya ya mbg krim di email saya?

  16. lilis satriah

    mba artikelnya sangat membantu sy yang sedang mencari teori ttg parenting, boleh minta bk informasi bk yang erisi teori parenting? trims lilis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: